May 20, 2024

Potret perjuangan anak-anak Afghanistan saat salju turun. (F: awsimage)

JAKARTA – World Happiness Report mengeluarkan data terbaru dan menempatkan Finlandia sebagai negara paling bahagia 2023. Di jajaran negara paling tidak bahagia adalah Afghanistan.

Dalam data terbarunya, World Happiness Report menyebutkan bahwa Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia 2023. Posisi ini telah diduduki Finlandia selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan ini merupakan publikasi dari Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB, mengacu pada data survei global dari lebih 150 negara. Negara-negara diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi hidup rata-rata mereka selama tiga tahun dari 2020 hingga 2022.

Adapun kategori yang menjadi pertimbangan yaitu harapan hidup sehat, PDB per kapita, dukungan sosial, korupsi rendah, kemurahan hati dalam komunitas tempat orang-orang menjaga satu sama lain, dan kebebasan untuk membuat keputusan.

Jika ada negara paling bahagia, tentu ada negara yang paling tidak bahagia, atau bisa secara ekstrem disebut sebagai negara paling sengsara. Dalam data World Happiness Report posisi paling tak bahagia yaitu negara yang kebetulan dilanda perang, yaitu Afghanistan di posisi terakhir dan Lebanon runner-up-nya.

Menurut laporan tersebut, tempat-tempat ini juga memiliki evaluasi kehidupan rata-rata lebih dari lima poin lebih rendah (dalam skala mulai dari 0 hingga 10) dibandingkan di 10 negara paling bahagia. Daftar negara paling tidak bahagia di dunia pun selanjutnya diikuti Sierra Leone, Zimbabwe, dan Kongo.

Saat ini, Ukraina dan Rusia juga sedang perang dan menjadi sorotan global dalam laporan tahun 2022. Penasarankan posisi kedua negara tersebut?

Kesejahteraan di Ukraina benar-benar terpukul akibat perang, tetapi laporan mengatakan terlepas dari besarnya penderitaan dan kerusakan di Ukraina, evaluasi kehidupan pada September 2022 tetap lebih tinggi daripada setelah aneksasi 2014. Evaluasi menunjukkan bahwa rasa tujuan bersama yang lebih kuat, kebajikan dan percaya pada kepemimpinan Ukraina.

Survei juga menambahkan keyakinan pada pemerintah mereka tumbuh di kedua negara pada tahun 2022. Tetapi dalam poin ini, lebih banyak di Ukraina daripada di Rusia. Dan dukungan Ukraina untuk kepemimpinan di Rusia turun menjadi nol.

Dalam peringkat tahun ini, Rusia berada di peringkat ke-70 dan Ukraina di peringkat ke-92.

Berikut daftar 20 negara tak bahagia di dunia tahun 2023

  1. Afganistan
  2. Libanon
  3. Sierra Leone
  4. Zimbabwe
  5. Kongo
  6. Botswana
  7. Malawi
  8. Komoro
  9. Tanzania
  10. Zambia
  11. Madagaskar
  12. India
  13. Liberia
  14. Etiopia
  15. Yordania
  16. Togo
  17. Mesir
  18. Mali
  19. Gambia
  20. Bangladesh (DO/dtc)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *