May 20, 2024

Foto Ilustrasi: cdn

OIKETAI – Intelligent Quotient (IQ) menjadi acuan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Tes IQ dirancang untuk menunjukkan keterampilan kognitif, contohnya penalaran, logika, dan pemecahan masalah.

Berapa skor IQ rata-rata manusia?

Mengutip Healthline, tes IQ memiliki skor rata-rata 100. Kebanyakan orang (sekitar 68 persen) memiliki IQ antara 85 dan 115. Hanya sebagian kecil orang yang memiliki IQ sangat rendah (di bawah 70) atau IQ sangat tinggi (di atas 130).

Dalam riset yang dilakukan Richard Lynn dan David Becker dari Ulster Institute, ada 10 negara yang memiliki skor IQ tertinggi di dunia.

Skor IQ diperoleh dari nilai rata-rata responden yang diperoleh selama riset. Pengukuran IQ menggunakan tes standar yang disempurnakan dengan penilaian matematika, membaca, sains nasional.

Menurut World Population Review, riset yang dilakukan peneliti Ulster Institute komprehensif. Namun tetap ada perdebatan, misal metode riset yang digunakan dengan data primer yang sangat minim.

Berikut 10 Negara dengan Skor IQ Tertinggi di Dunia

  1. Jepang, rata-rata IQ: 106,49
  2. Taiwan, rata-rata IQ: 106,47
  3. Singapura, rata-rata IQ: 105,89
  4. Hong Kong (China), rata-rata IQ: 105,37
  5. China, rata-rata IQ: 104,10
  6. Korea Selatan, rata-rata IQ: 102,35
  7. Belarusia, rata-rata IQ: 101,60
  8. Finlandia, rata-rata IQ: 101,20
  9. Liechtenstein, rata-rata IQ: 101,07
  10. Belanda dan Jerman, rata-rata IQ: 100,74

Lantas di mana Indonesia?

Sayangnya, Indonesia tidak masuk daftar 10 negara dengan IQ tertinggi di dunia versi riset Ulster Institute.

Posisi skor IQ Indonesia bisa diketahui dalam situs World Population Review. Menurut laporan itu, Indonesia ada di posisi 130 dengan Skor IQ 78,49. Posisi Indonesia di bawah Kuwait yang meraih skor 78,64 dan di atas Ekuador dengan rata-rata nilai IQ 78,26.

10 Negara IQ Terendah di Dunia 2022

DIkutip dari laman World Data, terdapat rincian skor berdasarkan kesimpulan penelitian serta hasil tes PISA 2003, 2006, dan 2009. Adapun 10 negara dengan rata-rata IQ terendah di dunia 2022 adalah sebagai berikut.

  1. Guinea Khatulistiwa

Guinea Khatulistiwa (Guinea Equatorial) berada di posisi pertama negara IQ terendah di dunia 2022. Rata-rata skor IQ warga negara seluas 28.000 kilometer persegi ini hanya 56. Padahal Guinea Khatulistiwa menjadi salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Afrika. Angka IQ ini pada akhirnya juga berdampak pada tingkat pengangguran yang sangat tinggi.

  1. Sao Tome dan Principe

Negara bekas jajahan Portugis ini berada di tengah-tengah Benua Afrika. Sao Tome dan Principe sering dijuluki sebagai Galapagos-nya Afrika karena menjadi habitat bagi berbagai spesies satwa langka. Negara yang mengandalkan ekspor cokelat ini ternyata dihuni oleh masyarakat yang memiliki skor IQ rata-rata 58.

  1. Senegal

Republik Senegal terletak di sisi selatan Sungai Senegal, Afrika Barat. Negara yang bergelar The Gate of Africa ini tercatat memiliki penduduk dengan rata-rata skor IQ rendah, yakni 60.

  1. Timor Leste

Timor Lester merupakan negara berikutnya dengan rata-rata penduduk IQ terendah. Setelah memisahkan diri dari Indonesia, Timor Leste memang menghadapi beberapa persoalan, di antaranya masalah ekonomi dan tingkat pendidikan. Hal ini menjadi faktor pemicu nilai rata-rata IQ masyarakatnya yang hanya berkisar 60.

  1. Gambia

Berikutnya ada negara Gambia yang memiliki penduduk dengan rata-rata IQ sekitar 60. Diketahui, Gambia merupakan negara dengan pendapatan per kapitanya sekitar US$ 1.599. Negara di kawasan Afrika Barat ini memperoleh bantuan dana pendidikan dari Bank Dunia dan Global Partnership for Education sebesar US$ 35 juta.

  1. Gabon

Negara IQ terendah berikutnya adalah Gabon. Skor rata-rata IQ penduduk negara ini sekitar 60.  Gabon sendiri bergantung dengan tenaga kerja asing yang lebih berkualitas. Padahal negara yang merayakan kemerdekaan setiap 17 Agustus ini memiliki sumber daya alam melimpah berupa minyak dan gas bumi.

  1. Ethiopia

Selain Liberia, Ethiopia juga tercatat sebagai negara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Negara yang memiliki 9 situs warisan dunia diakui UNESCO ini mempunyai populasi mencapai 115 juta jiwa. Sayangnya, 40% di antaranya hidup di bawah garis kemiskinan. Rendahnya pendapatan berdampak pada akses pendidikan yang kurang memadai. Rata-rata warga Ethiopia memiliki nilai IQ 61.

  1. Guinea – Bissau

Berbeda dengan Guinea Khatulistiwa, Guinea – Bissau terletak di wilayah Afrika Barat. Dengan luas sekitar 36.125 kilometer persegi, negara ini dihuni 1,8 juta jiwa dengan rata-rata IQ penduduk yakni 62.

  1. Niger

Negara yang kerap dianggap sama dengan Nigeria ini dikenal dengan produksi emas dan uranium. Namun hasil riset membuktikan skor IQ rata-rata warga negaranya hanya 63. Sejumlah permasalahan dalam negeri justru memperburuk kondisi masyarakatnya, misalnya persoalan bahan pangan dan konflik militer dengan kelompok ISIS.

  1. Republik Demokratik Kongo (DRC)

Rata-rata hasil akhir tes IQ penduduk Republik Demokratik Kongo hanya 63. Kondisi lingkungan dan kepemimpinan diktator berimbas pada buruknya kondisi finansial di negara ini. Pendapatan per kapita masyarakatnya juga hanya sekitar 8 jutaan rupiah. Akibat banyak persoalan, warga DRC harus kehilangan akses terhadap listrik, air, kesehatan, dan pendidikan.

Itulah 10 negara IQ tertinggi dan terendah di dunia 2022. Namun, perlu diketahui bahwa hasil yang disajikan tidak dapat dijadikan kesimpulan akhir untuk menentukan kecerdasan populasi di suatu negara. DO/cnbc/tempo