May 20, 2024

Ilustrasi kota futursitik: timi.eu

OIKETAI Sains – London dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia pada 2023 versi Resonance Consultancy. London berhasil mengalahkan kota-kota lainya, termasuk Paris dan New York. Lalu Apa yang menjadi kriteria kota terbaik di dunia?

Resonance pernah melakukan survei terhadap kota-kota di seluruh dunia yang memiliki populasi lebih dari satu juta jiwa. Peringkat Resonance melihat banyak faktor mulai dari tingkat keselamatan dan pekerjaan hingga kualitas pemandangan seni dan jumlah keragaman budaya.

London terpilih menjadi kota terbaik dilihat dari pemulihan dari pandemi Covid-19 hingga bertambahnya jumlah pekerja baru.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Paris karena munculnya hal-hal seperti jalur sepeda baru dan zona pejalan kaki baru yang luas. Posisi ketiga ditempati New York karena peningkatan jumlah pengunjung dan investasi baru-baru ini dalam transportasi umum.

Mirror UK memberitakan, penilaian yang dilakukan Resonance juga melihat kota-kota berdasarkan enam kategori berbeda: tempat, produk, pemrograman, orang, kemakmuran, dan promosi.

London menjadi yang teratas dalam kategori promosi karena penduduk dan pengunjungnya menghasilkan paling banyak tagar di Instagram, check-in Facebook, dan ulasan TripAdvisor.

Warga London disebut sebagai ‘mesin pencerita online’ yang mempromosikan kota tersebut ke seluruh dunia dan mencatat banyak hal hebat yang ditawarkannya, terutama soal restoran.

Berikut 10 kota terbaik di dunia 2023 versi Resonance:

1. London, Inggris
2. Paris, Prancis
3. New York, Amerika Serikat
4. Tokyo, Jepang
5. Dubai, UAE
6. Barcelona, Spanyol
7. Roma, Italia
8. Madrid, Spanyol
9. Singapore
10. Amsterdam, Belanda

10 Kota Terbaik di Dunia Versi Wisata

Sementara majalah pariwisata asal Amerika Serikat Travel+Leisure baru saja merilis daftar kota terbaik dunia untuk periode 2022 lalu.

Daftar ini disusun berdasarkan hasil survei terhadap komunitas pembaca majalah mereka. Survei dilakukan secara online selama periode Oktober 2021-Februari 2022.

Responden diminta memberi penilaian terhadap kota-kota destinasi wisata dunia dari segi kualitas pemandangan, kebudayaan, masakan, keramahan, pusat perbelanjaaan, serta nilai secara keseluruhan.

Hasilnya, peringkat pertama kota terbaik dunia diraih oleh Oaxaca, Meksiko, dengan skor total 92,96 dari 100.

Adapun Ubud, Bali, berhasil meraih skor 91,73 dan masuk ke peringkat ketiga. Pencapaian ini naik dari tahun lalu, di mana Ubud masih bertengger di peringkat keempat.

Berikut daftar lengkap 10 kota terbaik di dunia tahun 2022 versi Travel+Leisure:

  1. Oaxaca, Meksiko: 92,96 poin
  2. San Miguel de Allende, Meksiko: 91,77 poin
  3. Ubud, Indonesia: 91,73 poin
  4. Florence, Italia: 91,06 poin
  5. Istanbul, Turki: 90,97 poin
  6. Mexico City, Meksiko: 90,90 poin
  7. Chiang Mai, Thailand: 90,70 poin
  8. Jaipur, India: 90,67 poin
  9. Osaka, Jepang: 90,35 poin
  10. Udaipur, India: 90,22 poin

Apa Kriteria Ideal Kota Terbaik di Dunia?

Kriteria untuk menentukan kota terbaik di dunia menurut kesepatakan para ahli dapat bervariasi tergantung pada perspektif dan tujuan penilaian, namun beberapa kriteria umum yang sering digunakan adalah:

  1. Kualitas hidup: Kriteria ini mencakup faktor seperti ketersediaan fasilitas kesehatan, lingkungan yang bersih, ketersediaan fasilitas rekreasi, dan stabilitas politik.
  2. Ketersediaan lapangan kerja: Kota yang baik biasanya menawarkan banyak peluang kerja dan memiliki tingkat pengangguran yang rendah.
  3. Ketersediaan infrastruktur: Kriteria ini mencakup ketersediaan transportasi publik yang baik, jaringan telekomunikasi yang handal, dan pasokan listrik yang stabil.
  4. Ketersediaan pendidikan: Kriteria ini mencakup kualitas dan ketersediaan lembaga pendidikan tinggi dan sekolah yang baik.
  5. Keamanan: Kriteria ini mencakup tingkat kejahatan yang rendah, ketersediaan polisi yang efektif, dan ketersediaan infrastruktur keamanan yang memadai.
  6. Keberlanjutan lingkungan: Kriteria ini mencakup ketersediaan energi terbarukan, pengelolaan limbah yang efektif, dan ketersediaan taman kota dan ruang terbuka hijau.
  7. Keanekaragaman budaya: Kriteria ini mencakup keberagaman etnis, adat istiadat, dan kegiatan budaya yang tersedia.

Tentu saja, kriteria-kriteria ini tidaklah mutlak, dan mungkin terdapat faktor-faktor lain yang juga dianggap penting dalam menentukan kota terbaik di dunia. Bagaimana penilian Anda tentang 10 kota terbaik di dunia yang telah disebutkan tadi?.  DO/r/cnn