May 20, 2024

Ilustrasi: origins.net

OIKETAI Historia – Bahasa adalah salah satu pencapaian penting dalam sejarah manusia. Meskipun tidak diketahui secara pasti kapan bahasa pertama kali ditemukan, para ahli meyakini bahwa manusia telah menggunakan bahasa selama lebih dari 100.000 tahun.

Pada awalnya, bahasa manusia mungkin hanya terdiri dari suara dan gerakan tubuh yang sederhana untuk berkomunikasi. Namun, seiring waktu, bahasa berkembang menjadi lebih kompleks dan lebih banyak digunakan untuk memfasilitasi interaksi sosial dan pertukaran informasi di antara anggota kelompok manusia.

Salah satu temuan penting dalam sejarah bahasa adalah pengembangan sistem tulisan. Awalnya, manusia menggunakan gambar dan simbol-simbol sederhana untuk merepresentasikan objek atau konsep tertentu, seperti gambar manusia atau binatang.

Namun, pada akhirnya, manusia mengembangkan sistem tulisan yang lebih kompleks, seperti hieroglif Mesir kuno dan aksara kuno Sumeria, yang memungkinkan mereka untuk merekam dan menyampaikan informasi dalam bentuk tertulis.

Selain itu, bahasa juga menjadi salah satu cara utama untuk memperluas wilayah kekuasaan dan pengaruh suatu kelompok manusia. Bahasa yang digunakan oleh raja atau penguasa bisa menjadi bahasa resmi, yang harus dikuasai oleh rakyatnya agar dapat berkomunikasi dengan pemerintah. Contohnya bahasa Latin pada zaman Romawi Kuno atau Bahasa Mandarin pada zaman kekaisaran Cina.

Secara keseluruhan, sejarah penemuan bahasa merupakan kisah panjang dan kompleks yang melibatkan perkembangan sosial, teknologi, dan budaya di berbagai wilayah dan periode waktu. Meskipun tidak ada satu titik tertentu dalam sejarah yang dapat dianggap sebagai penemuan bahasa, namun dapat dikatakan bahwa bahasa telah menjadi hal yang penting dan integral dalam perkembangan manusia.

Bahasa-bahasa Tertua di Dunia

Setidaknya ada 10 bahasa tertua di dunia yang dipakai oleh masyarakat zaman dulu untuk berkomunikasi. Bahasa-bahasa tersebut sudah berkembang sampai melahirkan banyak bahasa yang lain dan diperkirakan sudah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu. Tapi, belum ada yang mengetahui dengan pasti kapan bahasa tersebut muncul lantaran tidak ada seorang pun di masa lalu yang bisa mengonfirmasi kebenarannya.

Walaupun demikian, para arkeolog di dunia terus berusaha untuk menemukan dan membuktikan kebenaran yang sudah terjadi di masa lalu. Salah satunya adalah dengan menemukan bahasa tertua di dunia yang pernah dipakai oleh manusia. Hal tersebut sebagaimana dibuktikan dengan beberapa lukisan gua tertua dan artefak kuno lain.

Berikut ulasan tentang bahasa tertua di dunia yang dirangkum dari laman Oldest:

1. Mesir Koptik

Bahasa tertua yang ada di dunia sejauh yang diketahui saat ini adalah bahasa Mesir Koptik. Bahasa tersebut adalah warisan dari peradaban Mesir Kuno. Seperti yang kita ketahui bahwa sekelompok manusia yang berburu dan meramu diketahui berada di Lembah Sungai Nil pada 6.000 SM. Baru sejak tahun 3100 SM, dinasti pertama Mesir mulai berdiri.

Masyarakat Mesir memakai bahasa Koptik sebagai bahasa percakapan sampai sekitar abad ke-17 kemudian digantikan dengan bahasa Arab. Kini, bahasa tersebut hanya dipakai sebagai bahasa liturgi oleh gereja Ortodoks Koptik Alexandria dan gereja Katolik Koptik. Keberadaan bahasa tersebut dibuktikan dengan adanya makam yang sudah berusia 3200 SM.

2. Bahasa Yunani

Bahasa Yunani pertama dibuktikan pada 1450 SM atau sekitar 3.400 tahun yang lalu. Ditemukan di Yunani, Italia Selatan sampai kini jumlah pembicara yang memakai bahasa Yunani diperkirakan sebanyak 13 juta orang. Bahasa Yunani adalah salah satu bahasa paling penting dalam sejarah lantaran menjadi akar banyak kata di berbagai bahasa modern.

Selain itu, bahasa tersebut juga berasal dari Kreta dan Siprus. Bahasa Yunani adalah bahasa yang menyusun banyak karya fundamental di dalam bidang astronomi, matematika, logika, filsafat seperti dialog Platonis dan karya Aristoteles.

3. Bahasa Sansekerta

Bahasa Sansekerta merupakan bahasa lingua franca India kuno di abad pertengahan yaitu sekitar 3.500 tahun yang lalu dan catatan tertulis sampai kumpulan himne Sansekerta Veda bisa ditemukan di Rigveda. Bahasa tersebut terus dipakai sebagai bahasa upacara dan ritual dalam agama Hindu Buddha.

4. Bahasa Cina

Bahasa China modern berasal dari bahasa China Kuno yang telah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Pemakaian pertama bahasa China Kuno ini tercatat pada Dinasti Shang dengan sistem penulisan Oracle Bone Script yang dulu dipakai untuk ramalan.

Bahasa China modern tersebut adalah warisan langsung dari Oracle Bone Script dan salah satu bahasa tertua di dunia yang masih dipakai sampai saat ini. Perbedaan pemakaian bahasa China di masyarakat kini lebih baik dialeknya. Tapi, dalam bahasa China terstandar atau Mandarin kini menjadi bahasa resmi di China.

5. Bahasa Aram

Selama sekitar 3.500 tahun sejarahnya, bahasa Aram sudah berfungsi sebagai bahasa pemujaan, agama, administrasi kerajaan dan sebagai bahasa ibu dari beberapa orang Semit dari Timur.  Sementara itu, orang Aram Kuno memakainya sekitar 3.500 SM sejak zaman Perunggu di wilayah Suriah modern.

Menurut sejarah, bahasa Aram merupakan bahasa orang Aram, orang-orang yang berbahasa Semit dari wilayah antara Levant utara dan lembah Tigris utara. Jumlah orang yang memakai bahasa Aram saat ini diperkirakan mencapai 2 juta orang.

6. Bahasa Ibrani

Bahasa tertua di dunia berikutnya adalah bahasa Ibrani. Hal yang menarik tentang bahasa tersebut adalah dulunya pada tahun 200 dan 400 Masehi, bahasa tersebut tidak lagi menjadi bahasa lisan sehari-hari di sebuah tempat.

Tapi, saat munculnya Zionisme pada abad ke-19, bahasa Ibrani dihidupkan kembali sebagai bahasa lisan dan sastra, sehingga bahasa tersebut menjadi bahasa utama komunitas Yahudi yang kemudian menjadi negara Israel.

7. Bahasa Latin

Setidaknya bahasa Latin telah dipakai sejak abad ke-7 SM. Bahasa Latin berasal dari daerah yang kini menjadi Roma, dan kemudian berkembang menjadi bahasa utama di beberapa daerah ketika Kekaisaran Roma berkuasa. Walaupun saat ini tidak umum dipakai dalam percakapan, bahasa Latin adalah akar dari bahasa Italia, Prancis, Portugis, Roma, Spanyol, dan Inggris.

8. Bahasa Persia

Bahasa Persia atau Farsi berasal dari bangsa Iran Kuno sekitar tahun 600 SM. Bahasa Persia kini masih dipakai setidaknya oleh 110 juta orang di dunia. Bahasa Persia adalah bahasa resmi Iran, Afghanistan, dan Tajikistan.

Bahasa tersebut juga memengaruhi bahasa negara tetangga, seperti Armenia, Georgia, dan bahasa Urdu. Bahasa tertua di dunia ini juga dipakai oleh banyak pujangga kenamaan dalam sejarah, seperti Rumi, Ferdowsi, Nizami Ganjavi dan lainnya.

9. Bahasa Tamil

Bahasa Tamil adalah bahasa non-Sansekerta tertua di India sejak 300 SM, yang ditemukan di gua sampai tembikar. Bahasa Tamil tua kelak berkembang menjadi bahasa Tamil modern yang dipakai oleh 75 juta orang di dunia. Bahasa Tamil saat ini adalah bahasa resmi di Sri Lanka, Singapura, dan Tamil Nadu.

10. Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia yang cukup modern, lantaran berkembang sejak abad ke-4 di wilayah yang saat ini menjadi Syria. Lantaran bahasa Arab tumbuh setelah bahasa-bahasa tertua lainnya di dunia, bahasa Arab mendapatkan pengaruh bahasa Aram, Yunani, Ibrani, dan Persia. DO/r/oldest