May 20, 2024

Ketua Panitia Pra KKI Kota Dumai, Agoes S. Alam saat mengadakan rapat koordinasi Pra Kongres Kebudayaan Indonesia di Dumai, Jum’at (18/08/2023).

OIKETAI – Dalam rangka Kongres Kebudayaan Indonesia 2023, Dirjen Kebudayaan, Kemdikbudristek RI bekerjasama dengan Koalisi Seni Indonesia menyelenggarakan Pra-Kongres Kebudayaan Indonesia (Pra KKI) sebagai ajang untuk menghimpun gagasan, pemikiran serta masukan untuk penyusunan strategi dan kebijakan Pemajuan Kebudayaan. Pra KKI 2023 tersebut akan digelar di enam daerah yakni Dumai, Pontianak, Medan, Ternate, Makassar, Kupang.

Dalam Surat Undangan yang ditandatangani oleh Ketua Pengurus Koalisi Seni Indonesia, Kusen Alipah Hadi, di Jakarta (19/08/2023) disebutkan, tema yang diusung adalah “Pendanaan Bidang Kebudayaan” dan digelar ke dalam bentuk FGD, Seminar dan Lokakarya. Dari rangkaian kegiatan ini diharapkan lahirnya saran dan masukan untuk diserahkan ke Kongres Kebudayaan Indonesia yang akan digelar pada bulan Oktober 2023 di Jakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut, diharapakan kesediaan para pimpinan perusahaan di Dumai dan sekitarnya untuk menghadiri Pra KKI 2023 pada FGD II tentang potensi pendukungan swasta daerah untuk kebudayaan secara luring pada Senin dan Selasa (21-22 Agustus 2023) pukul 09.00 – 21.30 WIB, bertempat di Hotel Cititel Dumai.

Tema ini menurut Kusen Alipah Hadi, mengharapkan adanya konsolidasi aktif dari para stakeholder kebudayaan di Kota Dumai khususnya baik itu Pemerintah, Pelaku Seni Budaya, serta Korporasi.

“Kami berharap ekositem seni budaya di Dumai khususnya, dan lebih luas lagi di Provinsi Riau menjadikan forum ini menemukan untuk rekomendasi-rekomendasi berarti untuk perbaikan ekosistem seni budaya di tingkat nasional dan daerah,” jelasnya. RO/r