May 20, 2024

Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Dumai, Agoes S. Alam saat menyampaikan pidato. (F: Ist)

OIKETAI Dumai — Dalam sebuah tanda dukungan yang luar biasa, Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Jasa TKBM di Pelabuhan Dumai untuk sesi XXXIII yang mencakup tahun buku 2020, 2021, dan 2022, secara bulat memilih kembali Agoes S. Alam yang juga dikenal sebagai Agoes Budianto sebagai ketua.

RAT yang diadakan di Comforta Hotel Dumai dan dihadiri oleh 400 anggota Koperasi TKBM tersebut, terlaksana dengan penuh demokratis, aman, dan tertib. Seluruh anggota menunjukkan antusiasme yang tinggi sepanjang rapat berlangsung.

Proses berjalan dengan lancar saat pengurus menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Eksekutif dan Laporan Kinerja Manajemen Koperasi. Sesi pimpinan rapat, yang dipimpin oleh Marudut Manurung, Sekretaris Jhon Sitinjak, dan Anggota Ronson TP. Manulang, menjalankan rapat di tengah berbagai interupsi dari peserta RAT.

Setelah presentasi laporan pertanggungjawaban eksekutif dan pengawas, seluruh anggota RAT yang hadir menerima laporan pertanggungjawaban dari para eksekutif dan pengawas.

Saat sesi pemilihan eksekutif dan pengawas Koperasi Jasa TKBM di Pelabuhan Dumai, semua anggota yang hadir dengan bulat suara memilih kembali Agoes Budianto sebagai ketua untuk periode 2024-2029.

Susunan eksekutif meliputi Justru Simorangkir sebagai wakil ketua, Jumintar Simanjuntak sebagai sekretaris, dan Rajin Pasaribu sebagai bendahara. Dewan pengawas terdiri dari Bakhtiar Gultom sebagai ketua, dengan anggota Roslan, Ismail, Ronson TP. Manulang, dan Kamal.

Pimpinan rapat, Marudut Manurung, menekankan perlunya kepemimpinan yang terpilih untuk menjalankan kepercayaan seluruh anggota TKBM dengan baik dan bertanggung jawab.

Kepada media usai pemilihan eksekutif, Agoes menyatakan, dirinya dan rekan-rekan eksekutif sangat terharu dan berterima kasih kepada seluruh anggota Koperasi Jasa TKBM Pelabuhan Dumai yang kembali mempercayai kami.

“Kami akan menjaga dan menghormati kepercayaan ini untuk mendorong Koperasi Jasa TKBM Pelabuhan Dumai menuju kemajuan, profesionalisme, dan kesejahteraan,” papar Agoes.

Menuju Profesionalisme Koperasi TKBM

RAT TKBM Pelabuhan Dumai kali ini mengangkat tema ‘Menuju Profesionalisme Koperasi TKBM dalam Menghadapi Perubahan Tata Kelola TKBM di Pelabuhan’. Fokus utamanya adalah untuk memajukan koperasi dan mengelolanya guna meningkatkan kesejahteraan pekerja pelabuhan.

Agoes Budianto menekankan bahwa untuk masa depan yang lebih baik bagi pekerja TKBM dalam mencapai profesionalisme maksimal, perlu melibatkan perolehan sertifikasi kerja dan mematuhi peraturan serta prosedur operasional standar (SOP) yang disepakati di area pelabuhan tempat pekerja beroperasi.

Selain itu, Agoes menyampaikan program-program koperasi TKBM Pelabuhan Dumai, termasuk pembangunan rumah layak huni dengan 400 unit properti tipe 36 meter persegi, di mana 20 unit telah direalisasikan.

“Pembangunan perumahan tersebut adalah langkah bertahap menuju kesejahteraan pekerja Koperasi TKBM Pelabuhan Dumai,” terangnya.

Rapat berlangsung dengan meriah dan tertib, meliputi sesi tanya jawab hingga sesi pertanggungjawaban dan laporan masa bakti sebelumnya dari kepengurusan Koperasi TKBM Pelabuhan Dumai.

Agoes tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan kepengurusan baru TKBM Pelabuhan Dumai. Kemudian, seluruh eksekutif TKBM berkumpul di podium untuk foto bersama dan saling berjabat tangan. RO/r