May 20, 2024

Acara Rapat Kerja (RAKER) dan Penganggaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 2025 Universitas Riau telah resmi dibuka di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (27/02/2024). F: dok. UNRI

PEKANBARU Edukasi – Acara Rapat Kerja (Raker) dan Penganggaran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 2025 Universitas Riau telah resmi dibuka oleh Rektor UNRI, Prof. Dr. Sri Indarti, di Hotel Pangeran Pekanbaru, Selasa (27/02/2024).

Hadir dalam kegiatan ini Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos.,M.Si, Ketua Senat  FISIP UNRI, Prof. Dr. Yusmar Yusuf, M. Phil, dan para civitas akademika lainnya.

Acara ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, diksi, dan langkah percepatan Universitas Riau sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) dan World Class University. Salah satu agenda utamanya adalah diversifikasi seluruh Program Studi di lingkungan FISIP dari Akreditasi A ke Akreditasi Unggul.

Sebagai fakultas tertua di Universitas Riau, dari 8 Indeks Kinerja Universitas (IKU), FISIP termasuk dalam kategori papan tengah jelang papan atas. Beberapa IKU menonjol seperti IKU-1, IKU-4, dan IKU-5.

Rektor UNRI, Prof. Dr. Sri Indarti

Menurut Rektor UNRI, pembangunan Gedung Baru untuk Gedung Dosen FISIP dianggarkan sebesar Rp. 4.5 miliar dan akan dibangun pada tahun ini. “FISIP telah mengambil langkah signifikan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi seluruh civitas akademika, termasuk melawan kekerasan seksual dan bullying. FISIP juga telah menyiapkan ruang pelayanan terpadu untuk mendukung seluruh civitas akademika,” jelasnya.

Peningkatan pendapatan selain Uang Kuliah Tunggal (UKT) akan dipercepat pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Kolaborasi internasional, termasuk pengadaan kelas dan program studi internasional, serta akreditasi program studi internasional, menjadi fokus utama pada tahun ini.

Total anggaran yang dialokasikan oleh Universitas Riau kepada FISIP sebesar Rp 12 miliar. Raker FISIP hari ini merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) UNRI yang dilaksanakan pada 22-24 Februari lalu di Turi Beach Resort, Batam.

Dekan FISIP Universitas Riau Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos.,M.Si.

Pelaksanaan Raker akan berlangsung pada tanggal 27-28 Februari. Sesi utama hari ini adalah penyusunan perencanaan dan penganggaran Universitas Riau dari Bidang Perencanaan Universitas, yang dipimpin oleh Armia, SE, Msi. Beberapa model kerjasama dengan Telkomsel telah dirintis hari ini dengan FISIP.

Dalam tahap awal, beberapa poin yang menjadi perhatian dari Telkomsel adalah:

  • Penunjang media informasi melalui aplikasi MyAds, yang merupakan media beriklan yang lebih spesifik dan terarah sesuai kebutuhan.
  • Program kerjasama “Go Green” di lingkungan FISIP UNRI.
  • Kerjasama silabus kurikulum untuk praktisi mengajar.Kerjasama layanan Indihome & Orbit dengan harga khusus untuk komunitas dosen dan karyawan di lingkungan FISIP.
  • Kegiatan seminar dan dosen tamu dengan berbagai topik, salah satunya adalah teknologi Fixed Mobile Convergence dan persiapan mahasiswa FISIP menghadapi dunia kerja.
  • Kerjasama dengan Koperasi Digital untuk menjalankan bisnis koperasi dengan lebih terintegrasi, terukur, dan memberikan kemudahan bagi anggota koperasi.
  • Kerjasama kewirausahaan dengan produk Telkomsel.

Menurut Prof. Dr. Yusmar Yusuf, M. Phil, diversifikasi seluruh Program Studi di lingkungan FISIP dari Akreditasi A ke Akreditasi Unggul akan melalui konversi dari A melalui Indikator Suplemen Konversi (ISK) ke Unggul.

“Acara ini diharapkan dapat membawa FISIP Universitas Riau menuju kemajuan yang lebih baik dan menjadi contoh bagi perguruan tinggi lainnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kepada civitas akademika serta masyarakat,” ujarnya. RO/r